Erupsi Gunung Sinabung, Wilayah Dairi dan PakPak tertutup Awan tebal

Sumber gambar : gambar

Technokomi.com - Gunung Sinabung, yang merupakan sebuah gunung di daerah sumatera utara mulai meluapkan amarahnya pada bumi, dilansir dari kompas.com Awan panas letusan Gunung Sinabung dengan tinggi kolom 5.000 meter dengan jarak luncur 500 sampai 2.000 meter mengarah ke tenggara dan selatan sampai juga ke Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.
Pada tahun - tahun sebelumnya memang Gunung sinabung sudah mulai timbul letusan - letusan, tapi di awal 2018 letusan ini yang paling parah, bahkan abu vulkanik bisa sangat tebal.
Pada Senin pagi tadi, gunung api Sinabung setinggi 2.460 mdpl yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, erupsi dengan semburan awan panas letusan gunung api Sinabung dengan tinggi kolom 5.000 meter dengan amplitudo 120 milimeter dan lama gempa 607 detik.
Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung Armen Putra mengatakan, jarak luncur sektoral selatan-tenggara sejauh 4.900 meter dan sektoral tenggara-timur sejauh 3.500 meter. Angin lemah ke barat dan selatan. Tingkat aktivitas Gunung Sinabung masih di Level IV atau Awas.

sumber : kompas


Komentar

Postingan Populer